Jumat, 28 Januari 2011

Warga Pante Rakyat Dambakan Air Bersih

Tue, Jan 11th 2011, 09:09

BLANGPIDIE - Warga Desa Pante Rakyat, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), saban hari terpaksa mengonsumsi air sumur yang keruh dan asam. Mereka meminta Pemkab Abdya mau pun Pemerintah Provinsi untuk menyediakan bak penampungan air dan sumur bor di kawasan desa dimaksud.

“Kami sangat berharap adanya perhatian dari pemerintah untuk dapat menyediakan bak penampung air dan sumur bor di desa kami. Sebab, selama ini kami terpaksa mengkonsumsi air sumur yang keruh dan asam, karekanan belum tersedianya sarana air bersih di desa kami. Padahal air itu adalah sumber kehidupan yang sangat berati bagi kami,” kata salah seorang warga sekitar.

Dia mengatakan, jika Pemerintah mau merespon tuntutan warga tersebut maka sumber air yang akan dialiri ke bak penampungan air tersebut bisa diambil dari mata air pegunungan setempat. Jikapun langkah tersebut akan menelan biaya yang cukup besar maka solusi kedua penggalian sumur bor.

“Kita berharap persoalan air bersih ini bisa direspon oleh pemerintah, baik kabupaten maupun provinsi. Sebab sarana air bersih tersebut sudah sangat dibutuhkan oleh masyarakat disini,” katanya.

Camat Babahrot, Agussalim yang ditanyai Serambi membenarkan kondisi air di desa setempat keruh dan tak layak kosumsi, oleh karena itu dia berharap adanya perahatian dari pemerintah Kabupaten maupun Provinsi untuk menindak lanjuti persoalan itu.

“Di kantor KUA saja kadangkala mereka harus membeli Aqua galon untuk kebutuhan seharinya, padahal sumber air bersih disini sangat menjanjikan jika tersedianya bak penampungan air dan sumur bor,” katanya, sambil berharap supaya Pemkab Abdya maupun pemerintah Provinsi bisa segera merespon tuntutan warga setempat, mengingat krisis air bersih tersebut sudah bertahun-tahun dialami oleh masyarakat setempat.(tz)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar