Jumat, 28 Januari 2011

Komplek Pemakaman Umum Terancam Ambruk

Erosi Krueng Alue Jerjak Meluas
Tue, Jan 11th 2011, 08:55

Sekdes Alue Jerja Anwan memperlihatkan lokasi pemakaman umum di Dusun Alue Drin, yang terancam erosi. Jarak pemakaman dengan birir sungai hanya tersisa tiga meter lagi. Warga berharap Pemerintah Aceh bisa mengucurkan dana untuk membangun tanggul di kawasan itu. SERAMBI/TAUFIK ZAS

BLANGPIDIE – Erosi (pengikisan tanah) di daerah aliran sungai (DAS) krueng Alue Jerjak (Krueng Babahrot), Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kian meluas. Akibatnya, komplek pemakaman umum yang terletak di dusun Alue Drien desa setempat terancam ambruk ke dasar sungai. Kondisi itu terjadi akibat bantaran sungai tersebut tidak dilengkapi bronjong pengaman tebing, sehingga begitu banjir datang bantaran sungai langsung ambruk.

Warga yang bermukim di kawasan itu berharap kepada Pemerintah Aceh (Pemprov) melalui dinas terkait untuk segera turun tangan mengatasi persoalan itu. Sebab, jika berharap kepada pemerintah kabupaten setempat akan sangat tidak mungkin proyek pembangunan tanggul pengaman tebing itu akan terealisasi karena defisit anggaran.

“Kami sangat berharap adanya perhatian dari pemerintah provinsi. Sebab jika kondisi itu terus dibiarkan dikhawatirkan akan mengancam keberadaan pemakaman umum dan pemukiman penduduk di kawasan bantaran sungai dimaksud,” kata Sekretaris Desa (Sekdes) Alue Jerja, Anwan, ketika mengajak Serambi kelokasi terjadinya erosi dimaksud.

Pantauan Serambi, Senin (10/1), jarak komplek pemakaman umum di Dusung Alue Drin dengan bantaran sungai dimaksud hanya berkisar tiga meter lagi, dikhawatirkan jika banjir banding datang komplek pemakaman umum itu akan tersapu bersih dan bakal ambruk kedasar sungai.

Tak hanya di dusun tersebut, kondisi yang sama juga terjadi di Dusun Alue Beuliyong, dimana perumahan penduduk dan SD di dusun tersebut hanya berjarak delapan hingga 10 meter lagi dari bibir sungai dimaksud. Sehingga kondisi tersebut sangat mencemaskan warga sekitar ketika hujan lebat mengguyur daerah tersebut. (tz)

sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar