Selasa, 18 Januari 2011

Sarana Air Bersih di Abdya tak Dikelola Dengan Baik

Fri, Jan 7th 2011, 09:19


Kondisi sarana air bersih di kawasan pegunungan hijau Desa Alue Sungai Pinang, Kecamatan Jumpa, Abdya, mulai dibalut lumut. Proyek pengadaan air bersih bantuan BRR NAD–Nias itu terkesan tak terawat dan belum mampu mensuplai air secara maksimal ke rumah-rumah penduduk. SERAMBI/TAUFIK ZAS

BLANGPIDIE – Sarana air bersih bantuan BRR NAD-Nias tahun 2007 di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tidak dikelola dan ditata dengan baik. Buktinya, sarana air bersih yang ada di kawasan pergunungan hijau Desa Alue Sungai Pinang, Kecamatan Jumpa, dan sarana air bersih di kawasan irigasi Kuta Tinggi, Kecamatan Blangpidie, hingga kini belum mampu menyuplai air secara maksimal ke rumah-rumah penduduk. Ironisnya, kedua sarana air bersih itu seperti tak terawat dan tampak diselimuti lumut.

Pantauan Serambi, Kamis (6/1), kedua sarana air bersih tersebut mulai tampak kotor selimuti lumut dan terkesan seperti tak ada perawatan sama sekali, akibatnya sarana air bersih yang seyogianya mampu mensuplai air kerumah-rumah penduduk itu hanya terlihat seperti besi tua yang berdiri tegak di dua lokasi.

“Air memang sudah tersuplai ke sebagian rumah penduduk, namun belum begitu maksimal. Kita berharap bantuan BRR itu tidak disia-siakan dan bisa memberi kontribusi buat daerah dan masyarakat Abdya. Jadi harus di rawat sehingga tidak berkarat, karena jika dikelola dengan baik, sarana tersebut bisa meningkatkan PAD Abdya melalui restribusinya” kata salah seorang warga Alue Sungai Pinang, ketika Serambinews meninjau lokasi Sapras air bersih itu.

Ketua Komisi A DPRK Abdya, Reza Mulyadi yang ditanyai Serambinesw, secara terpisah juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) untuk bisa mengelola kedua sarana air bersih itu secara baik dan maksimal. Sebab, jika sarana air bersih itu dikelola dengan baik dengan sendirinya Pemkab Abdya akan mendapatkat penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari restribusi air bersih tersebut.(tz)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar