Kamis, 17 Maret 2011

Garap Wisata Lama Tuha Butuh Dukungan Pemkab

Tue, Feb 1st 2011, 09:13

BLANGPIDIE – Keberadaan objek wisata di Desa Lama TUha, Kecamatan Kuala Batee, Abdya, telah mampu menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Meskipun, masih kecil, tapi jika objek wista itu dikembangkan, PAD akan menigkat. Namun, untuk menggarap objek wista tersebut perlu dukungan Pemerinta kabupaten (Pemkab) setempat.

Keuchik Lama Tuha, Abdullah kepada Serambi, Senin (31/1) mengatalan, dengan potensi alam ada, Lama Tuha sudah mampu menyumbangkan PAD pertahun sebesar Rp 1.500.000 dari hasilan retribusi rakit penyeberangan.

Kendati jumlahnya begitu kecil, namun bisa dipastikan desa lain di Kuala Batee belum ada yang mampu menyumbangkan PAD sebesar itu. Sehingga, tambah Keuchik Dolah, jika sektor wisata itu benar-benar digarap dan dikembangkan dengan cara menyediakan fasilitas memadai, kemungkinan besar desa tersebut akan menjadi desa penyumbang PAD terbesar di Kecamatan Kuala Batee.

“Pendapatan Asli Gampong (PAG) yang kita peroleh selama ini baru sebatas dari restribusi jasa penyeberangan. Sedangkan dari sektor kepariwisataan itu sendiri hingga kini belum mendatangkan PAG,” kata Keuchik Dolah, Senin (31/1).

Sedangkan objek yang dapat ditawarkan kepada pengunjung antara lain, keindahan panorama alam, benda peninggalan sejarah masih banyak tersimpan di desa itu. Abdullah mengakui, desa yang berpenduduk 441 jiwa itu setiap hari libur dipadati pengunjung, mereka datang ke desa terpencil itu khusus untuk menikmati panorama alam dan memanfaatkan waktu luangnya untuk memancing ikan. Menurut Keuchik Dolah, sekarang tinggal lagi bagaimana Pemkab Abdya mengemasnya menjadi kawasan yang lebih menarik dikunjungi wiasatawan.(tz)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar