Selasa, 22 Maret 2011

Erosi Krueng Alue Sungai Pinang Meluas

* Belasan Rumah Warga Terancam Ambruk
Fri, Feb 11th 2011, 08:41


Warga memperlihatkan lokasi erosi Krueng Alue Sungai Pinang di Kecamatan Jeumpa, Abdya yang semakin parah. Hingga kini pemerintah belum membangun tanggul pencegah erosi di sepanjang aliran sungai tersebut. Foto direkam Kamis (10/2). SERAMBI/TAUFIK ZAS

BLANGPIDIE – Erosi sungai di Alue Sungai Pinang, Kecamatan Jeumpa, Abdya, kini semakin meluas. Akibatnya, belasan rumah warga berikut gedung Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Desa Kuta Jeumpa terancam ambruk ke sungai. Masyarakat berharap Pemerintah Aceh dan Pemkab Abdya bisa segera turun tangan.

Amatan Serambi, Kamis (10/2), jarak rumah warga dengan bantaran sungai hanya sekitar 20-30 Cm lagi. Jika kondisi itu terus dibiarkan maka dua unit rumah warga di desa tersebut, masing-masing milik Khaidir dan Ridwan bakal ambruk ker sungai. “Sekarang bapak bisa liat sendiri, jarak rumah kami dengan bantaran sungai ini hanya tinggal 20 Cm. Jika banjir datang lagi maka rumah kami itu bakal ambruk, demikian juga dengan gedung MIN Alue Sungai Pinang yang berjarak 20 meter dari rumah kami,” kata Ridwan.

Ridwa mengaku bahwa sudah banyak pihak yang datang ke lokasi untuk mengecek kondisi tersebut. Namun hingga kini belum juga ada tindak lanjut dari pemerintah. “Melihat pembangunan di wilayan lain kita merasa di anak tirikan. Sebab erosi yang kian mengganas dan mengancam perumahan penduduk ini hingga kini belum juga tertangani dengan baik. Padahal kondisi ini sudah berlangsung hampir setahun, semestinya ada dana tanggap darurat dari Pemerintah Aceh dan Pemkab Abdya,” paparnya.(tz)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar