Kamis, 02 Desember 2010

Kelangkaan Kayu di Abdya Makin Parah

Mon, Nov 29th 2010, 11:38

BLANGPIDIE - Kelangkaan bahan baku kayu di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) selama ini semakin parah. Bahkan akibat krisis katu itu juga berakibat sulitnya masyarakat untuk membangun rumah serta memperbaiki perahu milik nelayan. Karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Abdya diminta segera mencari solusi.

“Pemkab Andya dalam hal ini Dinas Kehutanan setempat harus segera mencari solusi mengenai kelangkaan kayu yang sedang dihadapai masyarakat saat ini. Sebab jika kondisi itu terus dibiarkan akan sangat menyengsarakan masyarakat yang sedang membangun rumah ataupun para nelayan yang setiap saat membutuhkan kayu untuk memperbaiki boat,”kata anggota DPRK Abdya, Reza Mulyadi kepada Serambi Minggu ((28/11).

Hal serupa juga disampaikan Ketua DPC Asosiasi Independen Petani Indonesia (AIPI), Abdya Drs Tarmizi MS. Katanya, kelangkaan bahan baku kayu saat ini sudah memasuki tahapan yang sangat merugikan warga. Sebab, kadangkala untuk membuat keranda orang meninggal dunia juga sulit diperoleh papan. “Ini jelas menjadi persoalan yang sangat serius dan harus segera dicarikan solusinya oleh Pemkab Abdya,” ungkap Tarmizi.

Ditambahkannya, akibat kelangkaan bahan baku kayu yang semakin sulit didapatkan oleh masyarakat saat ini, juga mengancam ribuan kepala keluarga serta industri kecil dan menengah yang menggantungkan nasibnya dari bahan baku kayu. Belum lagi dampak lain yang juga muncul ketika sulitnya di dapatkan bahan baku kayu tersebut, seperti warga akan nekat menebang hutan.

“Kelangkaan kayu juga berafiliasi dengan permasalahan ekonomi, keamanan dan ketertiban di daerah, jika kondisi seperti ini terus dibiarkan, maka bukan mustahil kondusifitas situasi di daerah akan ikut terancam,” tambah Tarmizi.(tz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar