Senin, 01 Agustus 2011

Puluhan Ha kebun terbakar

WEDNESDAY, 15 JUNE 2011 07:23

BLANGPIDIE- Diduga akibat kondisi cuaca yang cukup panas serta kekeringan hebat yang melanda Kab. Aceh Barat Daya (Abdya), mengakibatkan sejumlah lokasi mengalami kebakaran dan rentan menimbulkan gangguan alam lainnya.

Hal itu terjadi sejak Minggu (12/6) hingga Senin (13/6) sore, di mana terlihat gumpalan asap tebal menyelimuti sebagian kawasan di beberapa titik di sejumlah wilayah kabupaten tersebut. Gumpalan asap tebal yang menyebarkan polusi udara itu disebut-sebut akibat kebakaran gambut di areal perkebunan kelapa sawit rakyat di kawasan Dusun Drien Leukit Desa Blang Makmur, dan lahan Seribu di Desa Lama Tuha, Kec. Kuala Batee.

“Akibat kejadian itu puluhan hektar tanaman kelapa sawit dan coklat warga di dua desa terbakar. Warga pemilik kebun berusaha keras memadamkan api. Namun dikarenakan teriknya matahari menyebabkan gambut yang sudah mengering dengan mudah dilalap api,” kata Harmansyah, 31, warga Lhok Gajah, Kec. Kuala Batee.Dua hektar areal perkebunan kelapa sawit miliknya juga ludes terbakar.

“Sekarang mereka (pemilik kebun) sedang berusaha keras memadamkan api, namun belum berhasil. Bahkan menurut laporan, dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan, juga belum membawa hasil,” papar Harmansyah.

Tak hanya Harmasyah, keterangan sama disampaikan M. Syukur, warga Drieng Leukit, Desa Blang Makmur. Dia mengaku dua hektar areal perkebunannya ikut dilalap si jago merah. “Usia kelapa sawit saya baru setahun, sekarang semua hangus akibat kebakaran gambut,” paparnya.

Dia mengaku areal perkebunan sawit rakyat yang terbakar itu umumnya berusia setahun, bahkan ada yang siap panen. Namun karena kobaran api begitu ganas mereka tak bisa berbuat apa pun. “Bagaimana kita padamkan, untuk masuk ke lahan saja enggak bisa, karena api terlalu besar,” paparnya.

Sejauh ini belum didapat keterangan resmi dari pemerintah setempat. Sejumlah pejabat ‘teras’ di Abdya yang dihubungi belum memberi tanggapan apa pun. “Sejak kemarin para pejabat di sini ada rapat khusus, kita belum mengetahui agendanya apa, namun berat dugaan bahwa situasi yang dibahas adalah evaluasi persiapan menjelang Pemilukada,” sebut salah seorang pegawai di kantor Setdakab Abdya.

Sumber Waspada.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar