Senin, 15 Agustus 2011

Data Lahan Pertanian di Abdya Tidak Jelas

4 August 2011

Blangpidie | Harian Aceh – Data tentang luas lahan pertanian di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) hingga kini belum jelas. Karena itu pihak Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat meminta dilakukannya penelusuran.
“Persoalan simpang siurnya data di daerah ini harus segera diluruskan, karena berimplikasi ke berbagai sektor dan masalah, jadi kita meminta agar segera usut data simpang siur di Abdya, karena persoalan data sangat berimplikasi dengan masalah anggaran daerah yang saat ini mulai mengalami defisit,” tegas Muhammad Nasir,SE, anggota DPRK Abdya kepada wartawan Rabu (3/8) di Balai PWI Abdya.
Simpang siurnya data luas lahan di Abdya menurut Muhammad Nasir yang juga Ketua Partai Demokrasi Pembaharuan (PDP) Abdya itu sudah terlihat, apalagi beberapa lembaga dan instansi terkait memiliki data yang saling bertolak belakang, Biro Pusat Statistik (BPS) Abdya menyebutkan luas lahan di Abdya hanya berkisar antara 16 ribu hektar, sedangkan Bupati Abdya Akmal Ibrahim mengklaim bahwa Abdya memiliki lahan seluas 25 ribu hektar.
Namun data tersebut sempat dibantah oleh Kepala Dinas Pertanian Abdya H. Zainuddin SP menyebutkan bahwa luas lahan di Abdya saat ini berkisar 23 ribu Hektar. “Simpang siurnya data ini tentu harus segera diluruskan, jika memang ada penyimpangan maka kita minta kepada pihak berwajib agar dapat menelusuri dan mengusut tuntas persoalan ini, karena ada anggaran milik rakyat yang tersedot oleh data yang tidak benar seperti itu,” ujar Muhammad Nasir.
Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Blangpidie, Umar Zakar, SH, MH, yang dihubungi wartawan terkait persolan tersebut mengaku baru mendapatkan informasi terkait simpang-siurnya data luas lahan di Abdya, pihaknya berjanji akan segera mempelajari persoalan tersebut dengan mengumpulkan bahan serta bukti terkait. “Nanti akan kita pelajari ya, saya juga baru dapat infonya dari media,” ujar Umar Zakar yang mengaku sedang berada di luar daerah dan akan melakukan penelusuran saat balik ke Abdya.(fri)

Sumber harianAceh.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar