Selasa, 02 Agustus 2011

Kebakaran Areal Sawit di Abdya Meluas

WEDNESDAY, 15 JUNE 2011 23:12

BLANGPIDIE– Kebakaran areal perkebunan kelapa sawit rakyat di Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya (Abdya), semakin meluas. Kobaran api di areal perkebunan itu belum berhasil dikendalikan.

“Areal tanaman sawit yang hangus terbakar mencapai seratusan hektare,” kata Kadis Kehutanan dan Perkebunan (Kadishutbun), Muslim Hasan.

Kebakaran areal perkebunan tersebut menimbulkan gumpalan asap yang menyebabkan polusi udara di kawasan Kecamatan Kuala Batee, Babahrot, Jeumpa, Susoh, dan Blangpidie.

Lahan yang dilumat api, menurut Muslim Hasan, terdapat di tiga kawasan, Dusun Drien Leukit Gampong Blang Makmur sekitar 45 hektare, lokasi Jalan 30 atau areal perkebunan sawit program Gubernur Aceh tahun 2009 sekitar 30 hektare dan kawasan Jalan 30 arah Surien Gampong Lama Tuha sekitar 34 hektare. “Tiga kawasan tersebut ditemukan tidak kurang sembilan titik api,” katanya.

Upaya pemadaman telah dilakukan sejak Senin (13/6/2011) yang dipimpin Bupati Abdya, Akmal Ibrahim. Upaya pemadaman berlanjut hingga Rabu (15/6/2011) ini yang dikomandoi Kepala Satpol-PP dan Pemadam Kebakaran, Mutdasir, bersama petugas pemadam dan aparat Dishutbun dan BPBD Abdya dengan fokus di areal perkebunan kawasan Drien Leukit dan Jalan 30.

Sumber Waspada.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar