Senin, 02 Mei 2011

Bertambah, Jumlah Gampong di Abdya

Thu, Mar 17th 2011, 08:30

BLANGPIDIE- Jumlah Desa/Gampong di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan bertambah menjadi 149 menyusul diresmikan desa/gampong persiapan oleh bupati setempat, akhir-akhir ini. Pembentukan pemerintahan desa yang baru bertujuan untuk mempermudah birokrasi dan peningkatan pelayanan bagi masyarakat.

Kabag Pemerintahan Umum Setdakab Abdya, Ikhwansyah TA SH dihubungi Serambi, Rabu (16/3) menjelaskan, peresmian gampong persiapan atau pemekaran dari desa induk yang dilakukan Bupati Akmal Ibrahim belakangan ini berdasarkan permintaan masyarakat setempat.

Tujuannya, mempermudah atau memperpendek birokrasi pemerintahan gampong/desa sehingga bisa memberikan pelayanan lebih maksimal kepada masyarakat. Berdasarkan permintaan masyaraka yang disampaikan melalui surat, Bupati menurunkan tim dari unsur terkait untuk melihat kesiapan, terutama persyaratan yang telah dipenuhi daerah bersangkutan menuju kemandirian.

Hingga saat ini, kata Ikhwansyah TA, Bupati Abdya telah meresmikan 14 gampong/desa persiapan dari 17 permohonan yang diproses. Selasa (15/3) lalu diresmikan Gampong/Desa Persiapan Jeumpa Barat dan Gampong/Desa Persiapan Alue Seulaseh, Kecamatan Jeumpa.

Dijadwalkan pada Senin (21/3) mendatang Bupati Akmal Ibrahim meresmikan Gampong/Desa Persiapan Krueng Panto, Kecamatan Kuala Batee. Sementara dua lainnya sedang diproses untuk diresmikan adalah Gampong/Desa Persiapan Alue Dawah dan Gampong/Desa Persiapan Lhok Gayo, Kecamatan Babahrot.

Dengan peresmian persiapan tersebut, kata Ikhwansyah, maka jumlah pemerintahan gampong di Kabupaten Abdya bertambah menjadi 149, terdiri dari 132 desa/gampong definitif dan 17 gampong/desa persiapan.(nun)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar