Senin, 02 Mei 2011

Pengaspalan Jalan Lintas Abdya-Gayo Lues Baru 8 Km

Thu, Mar 17th 2011, 08:34

BLANGPIDIE - Proyek pengaspalan jalan lintas Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dengan Kabupaten Gayo Lues, hingga kini baru rampung sepanjang delapan kilometer. Kendati demikian jalan lintasan kabupaten itu sudah dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat, walaupun para pengendara harus esktra hati-hati melalui sebagaian ruas jalan yang belum beraspal dan di penuhi kerikil itu.

Amatan Serambi, Rabu (16/3), sepanjang delapan kilometer ruas jalan tersebut telah siap diaspal dengan kualitas hotmix, namun demikian sebagian titik di ruas jalan yang sudah di aspal itu terlihat dibongkar ulang karena kualitasnya kurang bagus. Ruas jalan yang menghubungkan dua kabupaten bertetangga itu dibuka sejak era 90-an, namun kurang berfungsi lantaran masih terdapat tanjakan tinggi sepanjang jalan. Tapi, sekarang, jalur tengah yang membentang dari Babahrot di Abdya dan Terangon di Gayo Lues sepanjang 76 kilometer itu, dilaporkan sudah dapat ditempuh selama 2,5 jam dengan kendaraan roda empat.

“Pengendara roda dua yang melintasi jalan tersebut dituntut ekstra hati-hati karena kerikir yang berserakan di badan jalan yang belum teraspal itu bisa saja menyeret mereka ke jurang dan ke badan jalan. Sedangkan titik longsor sejauh ini belum ditemukan,” papar seorang warga yang mengaku baru pulang dari Terangon tujuan Kuala Batee.

Camat Babahrot, Agussalim SPd, yang dikonfirmasi Serambi, Rabu (16/3) membenarkan bahwa disebagian titik badan jalan tersebut terlihat telah dilakukan pembongkaran ulang guna diperbaiki kembali. Dia mensinyalir pembongkaran itu dilakukan karena telah mendapat teguran dari dinas terkait.

“Mengenai siapa rekananya dan panjang jalan yang akan di aspal saya tidak tahu karena mereka tak pernah melapor kepada kami. Sedangkan mengenai pembogkaran beberapa titik badan jalan itu benar adanya dan saya juga sudah melihatnya langsung saat melihat semburan api di kawasan kilometer 10,” papar Camat Agussalim.

Dalam kesempatan itu dia juga menghimbau kepada rekanan pelaksana proyek dimaksud untuk tidak mengerjakannya asal jadi, karena jalan tersebut merupakan sebuah jalur transportasi yang sangat diidam-idamkan oleh masyarakat Abdya, dan Gayo Lues untuk memudahkan hubungan transportasi masyarakat setempat. Masyarakat pengguna jalan dimaksud berharap kepada pihak rekanan untuk segera merampungkan proses pengaspalan jalan dimaksud, karena selesainya jalan tersebut akan mempermudah arus transportasi menuju kabupaten tersebut.(tz)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar