Kamis, 07 April 2011

Manggeng dan Lembah Sabil Laksanakan Musrenbang

Sat, Feb 26th 2011, 10:11

BLANGPIDIE - Kecamatan Manggeng, dan Lembah Sabil, Kabupaten Abdya, Kamis (24/2) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Bupati Aceh Barat Daya, Akmal Ibrahim SH, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati, Ir Syamsurizal mengatakan, Musrenbang adalah langkah awal dalam menyusun dan menentukan kerangka pembangunan di tingkat kabupaten. Hal ini sesuai dengan amanah Undang-undang No 25 tahun 2004, dimana setiap program pembangunan harus direncanakan dan disusun sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Musrenbang tingkat Kecamatan Manggeng dan Lembah Sabil yang kita laksanakan ini merupakan lanjutan dari Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes). Dalam setiap tahapan Musrenbang tentu ada program-program yang sifatnya mendesak, harus dilaksanakan dan ada juga yang barangkali belum begitu perlu untuk diprogramkan. Oleh karena itu, program yang diusulkan semua harus benar-benar terukur dan sesuai dengan aspirasi masyarakat,”papar Ir Syamsurizal.

Dalam kesempatan itu, juga dikatakan, dalam menetapkan program, baik yang sifatnya jangka pendek, menegah maupun jangka panjang hendaknya mengacu pada azas manfaat dan efesiensi. “Kita tidak ingin adanya program-program yang terkesan mubazir atau dipaksakan, sebab bila ada program pembangunan yang tidak sesuai dengan azas manfaat maka program ini dianggap telah menyalahi aturan dan ada indikasi KKN. Untuk itu melalui Musrenbang ini marilah kita satukan misi dan visi dalam rangka pelaksanaan pembangunan ke depan,” harap Wakil Bupati Abdya.

Pihaknya menyadari bahwa keterbatasan anggaran bukan menjadi halangan dalam pembangunan, untuk itu haruslah mengaju pada skala prioritas, terutama bidang inprastruktur, pendidikan, pertanian dan kesehatan, disamping program-program lain yang memang sangat dibutuhkan.

Camat Manggeng, H Eddy Sumarjan SE MM mengatakan, Musrenbang tingkat kecamatan yang berlangsung di Gedung Seni dan Budaya/Gedung Musyawarah gampong Seuneulop, Kecamatan Manggeng itu diikuti oleh 215 orang peserta, masing-masing dari Kecamatan manggeng 131 peserta dari 18 Gampong dan Kecamatan Lembah Sabil 84 peserta dari 14 gampong. “Hasil dari Musrenbang tingkat kecamatan itu nantinya akan disampaikan pada Musrenbang tingkat kabupaten,” pungkas Eddy Sumarjan.(tz)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar