Kamis, 07 April 2011

Erosi Sungai Cot Mane Meluas, Tiga Rumah Warga Terancam Amblas

Tue, Feb 22nd 2011, 09:16


Warga memperlihatkan lokasi erosi sungai Cot Mane, Kecamatan Jeumpa, Abdya yang makin mengganas. Keberadaan tiga unit rumah warga di desa tersebut terancam ambruk. SERAMBI/TAUFIK ZAS

BLANGPIDIE – Erosi sungai Cot Mane, Kecamatan Jeumpa, Abdya kian meluas. Selain semakin mendangkalnya aliran sungai juga telah terancam tiga unit rumah milik warga amblas ke sungai.

“Sebelumnya, jarak rumah warga dengan bantaran sungai sekitar 10 meter, namun saat ini cuma tersisa satu meter lagi. Jika hujan lebat kembali turun kemungkinan rumah kami ikut ambruk,” kata Nurmaini (29) seorang pemilik rumah yang berada dipingir sungai tersebut kepada Serambi, Senin (21/2).

Ketiga unit rumah warga yang terancam ambruk itu, kata Nurmaini, rumah miliknya, milik M Yunus dan rumah milik Asmadi. Ditambahkan, kini ketiga unit rumah tersebut terancam amblas ke sungai.”Kami berharap kepada Pemkab Abdya maupun Pemerintah Aceh untuk bisa membangun bronjong di sepanjang aliran sungai yang ambruk itu. Sebab kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan,”katanya.

Dia juga menceritakan bahwa, setiap musim hujan banjir selalu menerjang rumah-rumah mereka yang berada di sekitar bantaran sungai dimaksud, kondisi itu terjadi akibat semakin mendangkalnya aliran sungai tersebut. Untuk itu mereka juga berharap agar pemerintah berkenan menormalisasikan kembali aliran sungai yang kian mendangkal itu.(tz)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar