Minggu, 31 Juli 2011

Ratusan KK Kesulitan Air Bersih

WEDNESDAY, 01 JUNE 2011 11:34

BLANGPIDIE- Ratusan KK di Desa Seunelop, Kec. Manggeng, Aceh Barat Daya (Abdya) kesulitan air bersih. Kondisi ini disebabkan keringnya sumur pasca normalisasi Krueng (Sungai) Manggeng oleh Pemkab Abdya.

Akibatnya, saban hari masyarakat terpaksa turun ke sungai untuk mendapatkan air bersih dengan jarak berfariasi, 2 hingga 3 kilometer.

M. Alibasyah, 67, warga Desa Seuneulop menceritakan sepekan terakhir dia bersama warga lainnya harus turun ke sungai beberapa ratus meter dari kediamannya untuk mengambil air ke Krueng Manggeng.

Warga menuding program normalisasi Krueng Manggeng penyebab keringnya sumur mereka. Atas kondisi itu warga minta pemerintah menyediakan fasilitas air bersih karena dirasakan sangat memberatkan.

“Kita benar-benar kesulitan mendapat air bersih, semua sumur kering dan fasilitas air bersih juga belum tersedia. Kita berharap pemerintah membantu fasilitas air. Keringnya sumur akibat penggalian oleh PU (Dinas PU – red) di Krueng Manggeng,” sebut Alibasyah.

Plt. Camat Manggeng, Nasmadi, membenarkan kondisi yang dialami warga. Menurut Nasmadi, dampak normalisasi Krueng Manggeng merupakan resiko yang tak dapat dihindari. “Memang benar, kita sudah cek ke sana (Desa Seunelop) dan kekeringan itu memang tak dapat dihindari. Tadi saya sempat berdialog dengan warga karena normalisasi tetap harus dilakukan. Tidak mungkin harus kita timbun lagi. Biasanya kondisi ini kembali normal beberapa hari ke depan,” sebut Nasmadi.

Terkait kondisi tersebut, Kasubdin Pengairan Dinas PU Abdya, Din Armaya, yang dihubungi tidak memberi tanggapan apa pun. Telepon selulernya yang dihubungi beberapa kali dan sudah tersambung, tidak diangkat. Demikian juga dengan pesan singkat yang dikirim, tidak ditanggapi.

Sumber Waspada.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar