Selasa, 21 Juni 2011

Pemkab Abdya Diminta Prioritaskan Pembangunan Jalan

Sun, Apr 17th 2011, 09:17

BLANGPIDIE – Masih banyaknya jalan rusak dan belum tersentuh aspal di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dinilai menjadi penyebab tersendatnya akses ekonomi masyarakat di kawasan itu. Oleh karena itu masyarakat setempat meminta Pemkab Abdya lebih memprioritaskan pembangunan insfrastruktur jalan.

“Pembangunan jalan sangat dibutuhkan masyarakat guna mendongkrak pertumbuhan ekonimi. Untuk itu kita berharap dalam tahun ini Pemkab Abdya bisa memprioritaskan pembangunan jalan secara menyeluruh di Kabupaten Abdya,” kata Ketua Umum Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC-IMM) Abdya, Julida Fisma, kepada Serambi, Sabtu (16/4).

Julida Fisma menyatakan, hingga saat ini masih banyak jalan di pedesaan dan perkebunan rakyat di sembilan kecamatan di Kabupaten Abdya yang kondisinya rusak.

“Anda bisa lihat sendiri kondisi jalan pedesaan di sembilan kecamatan yang ada di Abdya. Sebagian besarnya rusak berat dan ada juga yang sama sekali belum tersenduh aspal. Contohnya di Desa Padang Geulumpang Ke camatan Jeumpa, hingga kini kondisinya rusak total. Kendati demikian ada juga desa yang mulai menikmati aspal berkualitas hotmix, namun kondisi itu baru dirasan oleh sebagian masyarakat saja,” papar Julida Fisma.

Badan jalan yang rusak berat itu, kata Julida Fisma antara lain, jalan dari Desa Cot Jirat, Blangpidie menuju Desa Padang Geulumpang, Jeumpa. Kemudian jalan dari Padang Geumpang, Jeumpa menuju Ujong Padang, Susoh.

“Sepanjang jalan desa tersebut yang dulunya dilapisi aspal, kondisinya sekarang tidak kelihatan lagi. Permukaan aspal terkelupas hampir sepanjang jalan, kemudian muncul lubang besar dan kecil yang terendam air hujan, seperti di Gampong Padang Geulumpang Kecamatan Jeumpa menuju Gampong Ujong Padang Susoh,” paparnya.

Kondisi seperti itu, tambah Julida Fisma juga terjadi dibeberapa desa di kecamatan lain, seperti Lembah Sabil, Mangeng, Suaq Setia, Tangan-tangan dan Susoh. Masyarakat dinasa kata Julida FIsma sangat berharap supaya jalan antar desa dan menuju perkebunan rakyat di masing-masing desa itu bisa segera diperbaiki guna terwujudnya laju ekonomi merta di kawasan tersebut.(tz)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar